Take a fresh look at your lifestyle.

6 Cara Menambal Dak Beton dari Bawah Terbaru Terlengkap 2023 

Pemilik rumah, baik yang tinggal di rumah satu lantai atau lebih tinggi, perlu tahu cara menambal dak beton dari bawah. Ini penting untuk mengantisipasi kemungkinan kebocoran di rumah suatu saat nanti. Meskipun wajar jika rumah bocor saat hujan deras, tentu saja hal ini mengganggu, terutama jika kebocoran sudah sangat parah.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan bocornya atap beton pada rumah. Beberapa di antaranya adalah komposisi atap beton (pasir, semen, dan batu split) yang tidak sempurna sehingga membuat atap beton kurang tahan terhadap air, dan ada juga retakan pada atap beton yang memungkinkan air masuk dengan mudah.

Namun, tidak perlu khawatir, kebocoran pada atap beton dapat diatasi dengan cara memperbaikinya dari bagian bawah. Cara ini tidak terlalu sulit dan tidak membutuhkan waktu lama, sehingga pemilik rumah dapat melakukannya saat ada waktu luang. Bagaimana cara memperbaiki atap beton dari bagian bawah? Simak penjelasannya di bawah ini!

Cara Menambal Dak Beton dari Bawah 

cara menambal dak beton dari bawah.

Dalam memperbaiki lantai beton dari bagian bawahnya, terdapat beberapa langkah yang perlu diikuti. Penting untuk menjalankan langkah-langkah ini dengan baik guna mendapatkan hasil yang memuaskan.

1. Mengatasi Kotoran pada Plafon

Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa topik ini membahas plafon, padahal artikel ini seharusnya membahas tentang cara menambal dak beton dari bawah. Nah, sebenarnya dak beton berhubungan erat dengan plafon. Dak beton adalah batas antara lantai bawah dan lantai atas rumah (untuk rumah dua lantai atau lebih), serta batas antara lantai dan atap (untuk rumah satu lantai).

Setelah pekerjaan pada dak beton selesai, langkah selanjutnya adalah membuat plafon di bawah dak beton agar rumah terlihat lebih rapi. 

Jadi, langkah pertama dalam proses perbaikan dak beton dari bawah adalah membersihkan kotoran dan debu yang menempel pada plafon menggunakan sikat atau pengikis. Plafon harus benar-benar bersih agar dapat dilapisi sealer pada langkah berikutnya.

2. Menghilangkan Jamur di Plafon

Cara menambal dak beton dari bawah dengan memperhatikan plafon, terutama yang pernah bocor, sering kali menjadi tempat yang disukai oleh jamur atau lumut karena kelembapannya. Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan larutan antijamur (fungicidal wash) yang ampuh untuk menghilangkan 99% jamur dan lumut.

3. Lapisi Plafon dengan Sealer 

Setelah plafon dibersihkan dengan sempurna, langkah berikutnya dalam cara menambal dak beton dari bawah adalah menggunakan alkali sealer. Alkali sealer adalah cat dasar yang berfungsi untuk melindungi tembok dari garam alkali.

Dengan menggunakan alkali sealer, saat cat diaplikasikan pada tembok, warnanya akan lebih tahan lama dan terlihat lebih cerah. Caranya adalah dengan menyapukan alkali sealer secara merata ke seluruh permukaan plafon dan biarkan mengering selama satu sampai dua jam.

4. Berikan Plafon Cat Anti Bocor Pada Lapisan Pertama  

Setelah alkali sealer mengering, aplikasikan cat anti bocor untuk dak beton atau tahan air ke plafon. Tujuannya adalah agar plafon terhindar dari bocor atau kerusakan akibat air di masa depan. Pastikan cat anti-bocor dioleskan dengan merata ke seluruh permukaan plafon.

5. Berikan Kasa pada Lapisan Cat Anti Bocor 

Ketika cat anti bocor masih basah, letakkan sehelai kasa penguat di atasnya, terutama pada area plafon yang rusak. Tekan kuat agar kasa dan cat anti bocor melekat sempurna tanpa ada celah udara.

6. Berikan Kasa pada Lapisan Kedua dengan Cat Anti Bocor 

Cara menambal dak beton dari bawah, langkah terakhirnya adalah mengaplikasikan cat anti bocor di atas kasa penguat. Pastikan bahwa kasa penguat sudah benar-benar menempel pada bagian plafon yang berlubang atau retak sebelumnya.

Setelah mengoleskan lapisan pertama cat anti bocor dan kasa penguat telah menempel, aplikasikan kembali cat anti bocor di atasnya dan biarkan mengering. Melakukan dua lapisan cat anti bocor ini bertujuan agar kasa penguat semakin kuat menempel pada plafon dan tidak mudah terlepas.

Baca Juga: Cara Menyalin Chat WhatsApp

Cara Menangani Dak Bocor dari Atas

  1. Periksa kondisi atap beton dengan cermat, dan cari area yang bocor. Jika Anda kesulitan menemukan retakan pada atap, coba tuangkan air di permukaannya dan biarkan selama sekitar 60 menit. Jika ada rembesan air dari bagian bawah atap, itu menandakan adanya masalah kebocoran.
  2. Setelah menemukan area yang bocor, bersihkan spot kebocoran dari debu dan kotoran. Pastikan bahwa atap beton sudah benar-benar kering sebelum melanjutkan. Gunakan sikat atau scraper untuk membersihkannya.
  3. Tutup retakan pada atap dengan campuran semen yang sudah diaduk dengan larutan penguat semen, yang juga dikenal sebagai agen perekat tambahan. Ini akan membantu memperkuat daya rekat semen.
  4. Pastikan semua bagian yang bocor sudah ditambal dengan semen, biasanya dengan cara menyuntikkannya ke dalam retakan. Setelah itu, biarkan mengering sepenuhnya.
  5. Lapisi area yang sudah kering dengan lapisan pelindung tahan air. Untuk lebih memperkuatnya, Anda dapat menempelkan serat fiber saat lapisan pelindung masih basah.
  6. Setelah serat fiber diterapkan, tutup dengan lapisan pelindung tahan air sekali lagi secara merata.
  7. Setelah lapisan pelindung tahan air benar-benar kering, tambahkan lapisan pelindung tahan air lagi dengan mengoleskannya secara silang. Lakukan langkah ini dengan hati-hati.

Kesimpulan 

Mengetahui cara menambal dak beton dari bawah sangat penting agar plafon kembali kokoh seperti sebelumnya setelah bagian atas yang bocor telah diperbaiki. Jika Anda sedang merencanakan pembangunan rumah atau gedung dengan atap beton, disarankan untuk menggunakan lapisan besi Galvanis pada bagian bawah dak. Tujuannya adalah melindungi atap dari kebocoran. Anda juga bisa baca model dak teras rumah minimalis modern yang bisa Anda jadikan referensi dalam pembuatan dak teras modern.