Take a fresh look at your lifestyle.

4 Cara Mengecat Tembok dari Warna Gelap ke Terang Yang Benar

Ada cara mengecat tembok dari warna gelap ke terang yang tepat untuk mendapatkan hasil akhir yang sempurna. Warna terang bisa memberikan kesan lebih luas, cerah, dan segar pada ruangan Anda. Namun, mengecat tembok dari warna gelap ke terang tidak semudah membalikkan telapak tangan. 

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar hasilnya maksimal dan tidak mengecewakan. Berikut ini adalah tutorial lengkap cara mengecat tembok dari gelap ke terang yang bisa Anda ikuti.

Tutorial: Cara Mengecat Tembok dari Warna Gelap ke Terang

Sebelum Anda mulai mengecat tembok, ada beberapa persiapan yang harus Anda lakukan terlebih dahulu. Persiapan ini penting untuk memastikan permukaan tembok bersih, rata, dan siap menerima cat baru.

Persiapan Sebelum Mengecat

  • Lepaskan semua aksesori yang menempel pada tembok, seperti knop, penutup stop kontak, plat penutup saklar lampu, termostat, dan lain-lain. Simpan semua bagian kecil dan sekrupnya di tempat yang aman agar tidak hilang
  • Singkirkan furnitur dari ruangan atau pindahkan ke tengah ruangan dan tutupi dengan kain penutup atau plastik untuk melindungi dari tumpahan cat
  • Hamparkan kain penutup atau plastik di lantai untuk menampung tumpahan dan cipratan cat. Pastikan kain penutup mencapai seluruh bagian dasar dinding
  • Lap permukaan dinding dengan kain atau spons basah yang telah dicampur dengan air sabun hangat. Usap-usap dinding dengan hati-hati untuk membersihkan debu, kotoran, minyak, atau noda yang ada. Siram dengan air bersih dan keringkan dengan lap bersih
  • Perbaiki bagian dinding yang retak, berlubang, atau mengelupas dengan menggunakan dempul atau plamir. Ratakan permukaan dinding dengan amplas halus setelah dempul atau plamir mengering. Bersihkan debu amplas dengan lap basah. Gunakan juga plamir tembok apabila dibutuhkan

Mengecat Tembok dengan Warna Baru

Setelah semua persiapan selesai, Anda bisa mulai mengecat tembok dengan warna baru. Berikut adalah cara mengecat tembok dari warna gelap ke terang:

1. Pilih Warna Cat Terang Sesuai Selera

Cara mengecat tembok dari warna gelap ke terang  yang pertama, pilih cat tembok dengan warna terang yang sesuai dengan selera dan tema ruangan Anda. Anda bisa menggunakan cat berbahan dasar air (water-based) atau minyak (oil-based) sesuai dengan jenis cat sebelumnya. Jika Anda tidak yakin, sebaiknya gunakan cat berbahan dasar air karena lebih mudah diaplikasikan dan dibersihkan.

2. Gunakan Cat Primer Khusus

Cara mengecat tembok dari warna gelap ke terang yang kedua, pilih primer yang dibuat khusus untuk menyembunyikan cat gelap. Primer adalah lapisan dasar yang berfungsi untuk menutup warna lama dan membuat warna baru lebih menempel dan tahan lama. 

Jika Anda ingin mengecat ulang dinding dengan warna gelap, pilihlah primer yang kaya akan titanium dioksida dan rendah silikat. Primer jenis ini dapat membantu menutupi warna lama dengan lebih baik.

3. Aduk Cat Primer Sebelum Digunakan

Aduk cat dan primer dengan baik sebelum digunakan sebagai cat kamar tidur atau reagan lainnya. Anda bisa menggunakan alat pengaduk listrik atau kayu untuk mengaduk cat dan primer sampai merata dan tidak menggumpal. Tuang primer ke dalam baki pengecatan atau ember kecil. Celupkan kuas atau rol cat ke dalam primer dan peras kelebihannya agar tidak menetes.

Dengan kuas atau rol, sapukan primer ke dinding dengan gerakan vertikal dari atas ke bawah. Mulai dari pojok ruangan dan bergerak ke arah berlawanan. Lebih baik menggunakan dua lapis primer yang tipis daripada satu lapis yang tebal. Tunggu primer kering sesuai dengan anjuran pada bungkusnya sebelum menambahkan lapisan lainnya.

Ulangi langkah 4 dan 5 dengan menggunakan cat warna baru setelah primer benar-benar kering. Anda mungkin memerlukan lebih dari satu lapisan cat untuk mengubah warna dinding yang gelap. 

Pastikan Anda memberi waktu yang cukup untuk setiap lapisan cat agar kering dengan baik dan tidak mudah terkelupas. Sapukan cat ke dinding secara merata dengan mengikuti arah vertikal dari atas ke bawah.

4. Bersihkan Alat-Alat Mengecat Setelah Digunakan

Cara mengecat tembok dari warna gelap ke terang yang terakhir, setelah Anda selesai mengecat tembok, Anda bisa membersihkan alat-alat yang digunakan dengan air atau tiner sesuai dengan jenis catnya. Jangan lupa untuk mengembalikan aksesori dan furnitur ke tempat semula setelah cat benar-benar kering.

Penutup

Cara mengecat tembok dari warna gelap ke terang adalah salah satu cara untuk membuat ruangan Anda menjadi lebih cerah dan segar. Namun, Anda harus melakukan beberapa persiapan dan langkah-langkah yang tepat agar hasilnya maksimal dan tidak mengecewakan. 

Anda harus membersihkan dinding, mengoleskan primer, dan mengaplikasikan cat warna baru dengan hati-hati dan teliti. Dengan begitu, Anda bisa menikmati ruangan baru Anda dengan warna tembok yang lebih terang.

Baca Juga: Menghitung Biaya Renovasi Atap Rumah Type 36