Take a fresh look at your lifestyle.

5 Desa Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Desa Wisata di Bali – Bali adalah pulau yang terkenal dengan keindahan alamnya, budaya yang kaya, dan pantai-pantainya yang memukau. Namun, selain destinasi wisata populer yang sudah dikenal banyak orang, ada juga desa-desa wisata yang menawarkan pengalaman unik dan autentik. 

Pesona Desa Wisata Di Bali 

Inilah daftar desa wisata di Bali yang wajib Anda kunjungi untuk merasakan pesona budaya dan keindahan alam yang berbeda dari sisi lain pulau Dewata.

1. Desa Penglipuran

Desa Penglipuran, yang terletak di Kabupaten Bangli, menawarkan pesona pedesaan yang memukau dengan sentuhan kaya akan adat dan tradisi Bali. Berjarak sekitar 45 kilometer dari pusat Kota Denpasar, desa ini menjadi destinasi yang menarik bagi para wisatawan yang ingin merasakan keaslian budaya Bali.

Rumah-rumah penduduk di Desa Wisata di Bali Penglipuran memukau dengan desain arsitektur tradisional Bali yang khas. Setiap rumah dihiasi dengan halaman yang bersih dan tertata rapi, mencerminkan tata kelola yang teratur dan kebersihan yang dijunjung tinggi oleh penduduk setempat. Menyusuri jalan-jalan desa, pengunjung akan disuguhkan pemandangan pohon-pohon tinggi dan rimbun yang menjulang di sepanjang jalan, menciptakan suasana yang segar dan menenangkan hati.

Di Desa Penglipuran, Anda memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan ramahnya penduduk setempat. Anda dapat mengamati dengan dekat aktivitas sehari-hari mereka, seperti membuat pernak-pernik seni, menenun, atau berladang. Melalui interaksi ini, Anda akan mendapatkan wawasan yang berharga tentang penghormatan mendalam masyarakat Bali terhadap nilai-nilai budaya dan upaya mereka untuk melestarikan warisan leluhur.

2. Desa Tigawasa

Desa Tigawasa merupakan salah satu desa wisata di bali, yang terletak di Kabupaten Karangasem, Bali Timur, adalah destinasi yang menakjubkan dengan pemandangan sawah dan perkebunan yang memukau. Jika Anda mencari tempat untuk merasakan ketenangan dan pengalaman pedesaan yang otentik, Tigawasa adalah jawabannya. Berjalan-jalan di tengah-tengah hamparan tanaman padi yang subur, Anda akan merasakan kedamaian dan ketenangan yang jarang ditemukan di kota.

Saat berkeliling, Anda akan membenamkan diri dalam keindahan pemandangan Gunung Agung yang megah yang menaungi desa ini. Pemandangan gunung yang menjulang tinggi menjadi latar belakang yang menambah kesan dramatis dan mengagumkan dalam setiap langkah Anda.

Namun, pesona Desa Tigawasa tidak hanya terletak pada pemandangannya. Di sini, Anda juga akan berkesempatan untuk berinteraksi dengan para petani Bali yang penuh dedikasi. Mereka bekerja tanpa lelah untuk mengolah tanah dan menjaga lingkungan, menjadi tulang punggung dalam kehidupan pedesaan. Dari mereka, Anda dapat belajar tentang nilai-nilai kearifan lokal dalam bertani dan berhubungan dengan alam.

Desa Tigawasa menawarkan perjumpaan yang unik dan kaya dengan pesona pedesaan Bali yang tiada duanya. Pengalaman ini akan membawa Anda lebih dekat dengan kehidupan pedesaan yang sederhana namun penuh makna. Jadi, jika Anda mencari tempat untuk mengenali sisi Bali yang sejati dan menikmati ketenangan alam, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Tigawasa.

3. Desa Sidatapa

Desa Sidatapa, yang terletak di Kecamatan Gianyar, Bali, merupakan sebuah surga alam yang memukau. Pesona perbukitan hijau yang melimpah memanjakan mata setiap pengunjung yang datang. Daya tarik utamanya adalah perkebunan cengkeh yang subur dan melimpah ruah. Cengkeh menjadi salah satu komoditas unggulan di Bali, dan di desa ini, Anda dapat menyaksikan secara langsung bagaimana proses penanaman dan pemanenan cengkeh dilakukan dengan penuh keahlian oleh penduduk setempat.

Selain menawarkan panorama perkebunan yang menakjubkan, Desa Sidatapa juga mengajak Anda untuk berjalan-jalan menikmati pesona alam pedesaan yang begitu asri dan menenangkan. Dengan setiap langkah yang diambil, Anda dapat merasakan kedamaian dan kesejukan dari udara yang segar dan pemandangan yang indah.

4. Desa Cempaga

Desa Cempaga salah satu Desa Wisata di Bali, yang terletak di Kabupaten Karangasem, Bali Timur, menghadirkan daya tarik pantai yang tak terlupakan dengan keindahan yang memesona. Pasir putih yang menghampar dan air laut yang jernih menciptakan panorama pantai yang menakjubkan. Salah satu pantai yang terkenal di Desa Cempaga adalah Pantai Virgin, juga dikenal sebagai Virgin Beach, yang tetap alami dan belum banyak tersentuh oleh pariwisata massal.

Pantai Virgin menawarkan pengalaman pantai yang berbeda dari kebanyakan destinasi wisata di Bali. Di sini, Anda dapat bersantai di tepi pantai yang tenang, merasakan sentuhan angin laut yang menyegarkan, dan menikmati keheningan alam yang masih alami. Anda bisa merasakan kebebasan saat berenang di air laut yang bening atau sekadar berjalan-jalan menikmati pemandangan pantai yang menakjubkan.

Kehadiran Pantai Virgin di Desa Cempaga menambah ragam keindahan alam yang dimiliki oleh Bali Timur. Bagi para pecinta pantai dan keindahan alam yang belum terjamah oleh pariwisata besar-besaran, tempat ini adalah surga yang sempurna untuk melupakan kehidupan sehari-hari dan bersatu dengan alam. Jadi, jika Anda mencari pantai yang masih alami dan tenang di Bali, kunjungilah Pantai Virgin di Desa Cempaga untuk pengalaman pantai yang tak terlupakan.

5. Desa Tenganan

Desa Tenganan, yang terletak di Kabupaten Karangasem, hanya sekitar 5 kilometer dari kota Candidasa, merupakan salah satu desa adat yang sangat istimewa di Bali. Desa ini telah lama terkenal karena konservatif nya dalam mempertahankan budaya dan tradisi leluhur. Seiring dengan pesatnya perkembangan di Bali, Tenganan berhasil mempertahankan keaslian budaya dan gaya hidup tradisionalnya.

Penduduk Desa Tenganan hidup dalam komunitas yang teratur dan erat mengikuti nilai-nilai luhur yang telah diwariskan dari generasi ke generasi. Mereka memegang teguh adat dan tradisi sebagai bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari mereka. Dengan demikian, Desa Tenganan memberikan kesempatan unik bagi para pengunjung untuk menyaksikan dan merasakan bagaimana cara hidup yang kaya dengan budaya dan adat istiadat.

Saat mengunjungi Desa Wisata di Bali yang satu ini, Anda akan menyaksikan berbagai upacara adat yang diadakan secara berkala, seperti upacara keagamaan dan perayaan budaya. Selain itu, kerajinan tenun khas Tenganan juga merupakan daya tarik utama bagi wisatawan. Kerajinan ini dibuat dengan keterampilan tinggi dan menjadi warisan budaya yang tak ternilai harganya.

Akhir kata 

Mengunjungi desa-desa wisata di Bali adalah cara yang luar biasa untuk merasakan kehidupan lokal, memahami budaya Bali, dan menyaksikan keindahan alam yang berbeda dari destinasi wisata utama. Di samping destinasi populer seperti pantai dan tempat wisata lainnya, desa-desa wisata ini memberikan pengalaman yang otentik dan mendalam. Nah, siapa yang ingin berwisata ke Bali sekarang? Sekarang tidak perlu khawatir, anda bisa dengan mudah mengakses jasa paket tour bali dengan paket komplit. Sekian informasi kami, semoga bermanfaat!

Baca Juga: 8 Tempat Makan Enak Di Lombok, Murah Tapi Mewah!