Take a fresh look at your lifestyle.

8 Makanan Khas Kota Pontianak yang Enak dan Jarang Ditemukan di Tempat Lain

Menghidangkan berbagai sajian yang istimewa, makanan khas kota Pontianak mempersembahkan ragam hidangan yang langka, beberapa di antaranya sulit ditemui di wilayah lain di Indonesia. Tak banyak yang tahu, ada sejumlah kuliner lezat yang berasal dari Pulau Borneo ini. 

Dengan cita rasa yang unik, berbeda dari masakan khas daerah lain, tak ada salahnya untuk menikmati berbagai hidangan khas Pontianak yang menarik ini. Keunikan makanan khas Pontianak tak terlepas dari paduan budaya beragam suku yang mendiami kawasan tersebut. 

Tak hanya hidangan berat, terdapat pula berbagai camilan yang menggugah selera dan patut dicoba saat mengunjungi pusat Kalimantan Barat ini. 

Ayo nikmati berbagai makanan enak di Pontianak, untuk kalian yang diluar Pontianak kalian bisa datang dan berkuliner di kota Pontianak ini, gunakan saja jasa rental mobil murah pontianak yang bisa membantu kalian mempermudah dalam mencari makanan kuliner di Pontianak. 

Kenali Makanan Khas Kota Pontianak

1. Bingke

Kue Bingke menjadi salah satu makanan khas kota Pontianak, sejenis hidangan khas Pontianak, merupakan paduan antara telur dan tepung. Varian Bingke juga diperkaya dengan beragam tambahan seperti keju, cokelat, dan bahkan durian.

Penampilannya menyerupai martabak manis atau kue tar keju dengan proses pembuatan yang hampir serupa dengan kue lumpur. Camilan khas dari Pontianak ini patut dicoba sebagai oleh-oleh yang tak boleh terlewatkan.

2. Kue Kantong Semar

Kue Kantong Semar adalah makanan khas dari daerah pedalaman Kalimantan Barat, terutama Pontianak. Meskipun makanan ini berasal dari daerah pedalaman, namun seringkali disajikan dalam acara-acara daerah atau kenegaraan. Kue ini cukup langka karena bahan utamanya berasal dari tumbuhan yang dilindungi.

Namun, untuk menjaga keberlangsungan adat dan budaya, Kue Kantong Semar tetap diizinkan diproduksi sebagai wadah makanan dengan berbagai upaya pemeliharaan setelahnya.

Biasanya, di dalam kantong semar ini terdapat campuran beras pulut dengan kacang merah yang kemudian dikukus. Keunikan rasa dan tampilannya membuat kue ini sangat istimewa dan menggugah selera. Kehadirannya tetap menjadi bagian yang berharga dalam warisan kuliner Pontianak.

3. Pisang Goreng Srikaya

Kue kantong semar ini berasal dari daerah pedalaman Kalimantan Barat. Namun, Pisang goreng srikaya merupakan makanan khas kota Pontianak yang cukup terkenal. Pisang goreng srikaya ini biasanya menjadi teman minum kopi saring yang memiliki daya tarik tersendiri.

Selain karena bahan dasarnya pisang nipah yang hanya ada di Pontianak, selai srikaya yang dilumuri di atasnya merupakan perpaduan telur dengan buah srikaya yang membuatnya semakin enak. Masyarakat Pontianak sering mengonsumsi hidangan ini sebagai menu utama untuk sarapan, sementara sebagai camilan manis di waktu malam.

4. Bubur Ikan Pontianak

Bubur ikan makanan khas kota Pontianak khas ini disajikan dengan kombinasi unik antara nasi, kuah gurih, beragam sayuran segar, serta variasi ikan sungai dan laut. Ditambah lagi, kelezatan dan kesehatannya semakin terasa dengan tambahan telur ayam kampung yang melengkapi cita rasa istimewa bubur ikan Pontianak.

5. Es Krim Petrus

Es krim Petrus makanan khas kota Pontianak telah menjadi ikon yang luar biasa sejak berdiri pada tahun 1970-an di sebelah Persekolahan Petrus di Pontianak. Daya tariknya begitu kuat sehingga pengunjung yang datang ke Pontianak cenderung untuk mampir dan menikmati es krim dengan berbagai varian rasa seperti durian, vanila, coklat, nangka, dan cempedak.

Yang membuatnya unik, pengalaman menikmati es krim di sini bisa dilakukan dengan dua cara, baik disajikan dalam gelas atau dalam kelapa muda. Rasa dari es krim ini dijamin mampu memuaskan selera.

6. Mie Sagu

Sagu dikenal luas sebagai komoditas makanan yang populer di wilayah timur Indonesia. Akan tetapi, tak banyak yang menyadari bahwa sagu juga menjadi komponen utama dalam hidangan khas Pontianak yang terkenal, yakni mie sagu.

Dengan dimensi yang lebih besar dan tebal serta nuansa warna coklat tua yang memudar, mie sagu memperlihatkan bentuk dan tekstur yang sungguh berlainan dibanding mie pada umumnya. Kuah pada mie sagu ini begitu pekat karena dihasilkan dari proses tumisan. Proses memasak mie sagu melibatkan pencampuran kecambah, daun kucai, dan perpaduan bumbu bersama potongan daging.

7. Tau Swan

Banyak yang berbicara tentang asal-usul makanan ini yang berasal dari negeri tirai bambu. Tetapi, di negara asalnya, makanan tersebut sudah tidak lagi tersedia. Di Pontianak, makanan ini menjadi favorit bagi para pecinta kuliner malam. Dijual di berbagai penjuru jalan, Tau Swan yang terdiri dari campuran air gula, kedelai, dan potongan kue manis, memiliki rasa yang sungguh unik.

Bagi mereka yang memiliki kadar gula darah yang tinggi, sebaiknya hindari mengkonsumsinya karena rasanya yang sangat manis. Warga Pontianak memanfaatkan makanan ini sebagai penyegar stamina saat merasa lelah setelah bekerja.

8. Pengkang

Makanan istimewa yang dikenal di Pontianak adalah Pengkang. Pengkang adalah camilan lezat yang terbuat dari ketan yang diisi dengan ebi yang gurih. Campuran ini kemudian dibungkus dalam daun pisang dan dipanggang hingga mengeluarkan aroma yang memikat.

Baca Juga: 5 Desa Wisata Di Bali Yang Wajib Dikunjungi